AD (728x60)

Tuesday, November 25, 2014

Pasar Hongkong Singkawang

Share & Comment
Pasar Hongkong Singkawang
Pasar Hongkong
Kehidupan manusia tidak terlepas dari kegiatan jual beli baik di Indonesia maupun di luar negeri. Kegiatan menjual dan membeli pada umumnya terjadi karena manusia tidak bisa memenuhi kebutuhannya seorang diri dan membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan tersebut, oleh sebab itu ada kegiatan menjual dan membeli.
Orang yang menjual sesuatu akan memasang tarif atau harga yang sesuai atau pas terhadap barang atau jasa yang akan dijual dan yang membeli juga ada memilih mana barang atau jasa yang pas untuk dirinya.Tempat untuk bertransaksi menjual dan membeli tersebut dinamakan pasar.
Sekarang ini banyak pasar dibedakan menjadi 2 yaitu pasar tradisional dan pasar modern, untuk pasar tradisional, orang yang menjual menggunakan tempat yang sederhana dengan alat untuk menjual yang sederhana seperti meja dan kursi atau lebih dikenal dengan pedagang kaki lima atau ada pedagang yang berjualan di kios atau toko sederhana.
Untuk pasar modern peralatan yang digunakan sudah mengarah ke alat yagn modern seperti almari es, meja kasir elektronik dan tempat yang menggunakan pendingin ruangan.
Pasar tradisional sekarang ini mulai kalah dengan pasar modern yang lebih diminati, pemerintah terus menggalakan masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok di pasar tradisional support pemerintah tersebut dapat terlihat dari tempat yagn disediakan pemerintah ataupun daerah yang disediakan pemerintah untuk berjalannya transaksi tradisional / pasar tradisional.
Dari tahun ketahun pasar tradisional dapat terlestarikan dan bertahan hingga sekarang meskipun bersaing ketat dengan pasar modern / supermarket. Salah satu pasar tradisional yang bertahan dari dulu hingga sekarang adalah pasar yang berada di kota Singkawang, Kalimantan Barat. Pasar ini bernama Pasar Hongkong.
Dinamakan Pasar Hongkong oleh masyarakat Singkawang karena menggambarkan kehidupan kota singkawang yang tidak pernah tidur pada malam hari, aktivitas pasar ini dimulai dari sore sampai dini hari atau menjelang matahari terbit. Pasar Hongkong ini terletak di tengah kota Singkawang yaitu di sepanjang jalan Setia Budi dan di beberapa perempatan jalan sekitarnya.
Di sepanjang jalan Setia Budi berjejer gerobak dorong, tatanan meja dan kursi yang terletak di depan toko yang sudah tutup pada sore hari. Bagi para wisatawan pemandangan ini menjadi pemandangan indah tersendiri saat hendak menyusuri kota Singkawang pada malam hari, lampu-lampu petromak dan lampu listrik menjadi pemandangan malam yang indah pada malam hari di pasar Hongkong ini.
Pengunjung dapat menikmati jajanan yang beraneka ragam yang ditemukan di Pasar Hongkong ini. Mayoritas yang dijual adalah makanan atau minuman seperti di Hongkong sesungguhnya karena yang berjualan mayoritas adalah warga tionghoa yang tinggal di kota Singkawang.
Banyak variasi makanan seperti pecel lele, masakan padang, martabak, terang bulan, nasi campur. Cap cay dan masih banyak lagi yang tentunya memanjakan dan menggiurkan pengunjung yang mengunjungi pasar ini. Pasar ini akan sangat ramai pada malam hari sekitar pukul 19.00 WIB keatas dengan adanya kendaraan yang melewati dicampur dengan hiruk pikuk suara orang yang menawar harga barang yang akan dibeli.
Selain makanan yang diperjual belikan juga ada minuman yang diperjualbelikan dan salah satunya adalah minuman kopi, kopi asli kota Singkawang. Kopi ini dibuat dan diolah sendiri, bukan merupakan olahan pabrik.
Barang yagn dijual juga tidak seluruhnya makanan atau minuman namun ada juga barang-barang elektronik sperti Handphone, pakaian dan alat-alat elektronik lainnya.
Makan makanan khas kota Singkawang ditambah minum kopi asli kota Singkawang sembari melihat bangunan-bangunan lama yang berada di sepanjang jalan Setia Budi, lampu-lampu pedagang yang beraneka ragam menjadi pemandangan pasar tradisional yang eksotis pada malam hari.
Untuk Pengunjung atau wisatawan yang sudah pernah menikmati makanan dan minuman di pasar Hongkong mengmpunyai julukan sendiri untuk pasar ini yaitu Pasar Hongkong Van Borneo yang berarti suasana pasar Hongkong yang berada di Kalimantan.
Pemerintah setempat kota Singkawang juga ikut andil bagian dalam kegiatan yang berada di Pasar Hongkong ini yaitu dengan menata tatanan pasar agar rapi,tertata, tidak kumuh dan nyaman dinikmati oleh pengunjung yang akan bertransaksi di pasar ini.
Pemerintah daerah kota Singakawang mengatur sebaik mungkin agar suasana nyaman tercipta dan tidak ada suasana macet bagi kendaraan yang melintas di sepanjang jalan Setia Budi. Pemerintah juga bekerja sama dengan para pedagang ikut menjaga kebersihan pasar ini, janganlah heran bila image pasar tradisional itu kotor dan kumuh tidak ditemui di pasar Hongkong ini karena pasar ini bersih dan dapat dinikmati oleh pengunjungnya dan dengan nyaman dapat menikmati makanan dan minuman di pasar ini.
Tidak ada salahnya menjadikan pasar Hongkong yang berada di kota Singkawang ini menjadi tempat yang pantas untuk dikunjungi atau disinggahi selepas bekerja setiap harinya, setiap akhir pekan atau setiap masa-masa liburan bagi pengunjung di luar Pulau Kalimantan, Pasar Hongkong juga pasar yang tepat untuk mengisi perut yang kosong setelah perjalanan atau setelah berkunjung dari objek-objek wisata yang berada di kota Singkawang.  selamat berbelanja dan memanjakan diri di Pasar Hongkong van Borneo ini.
Tags: , ,

Written by

Kami adalah penyedia Layanan Jasa Tour Travel di Kalimantan Barat.

0 comments:

Post a Comment

 

Popular Content

Recent Posts

Hepi Tour

Sahabat Perjalanan Anda
Copyright © Hepi Tour | Designed by Templateism.com